Manfaat 2 ayat terakhir surah Al Baqarah

Manfaat 2 ayat terakhir surah Al Baqarah - Mungkin 2 ayat terakhir surat al baqarah(Ayat 285-286) sudah sangat masyur di kalangan kaum muslimin. Banyak yang membacanya dan menghafalnya. Meraka juga belajar arti dan maknanya.

Adapun manfaat dari 2 ayat terakhir surah Al Baqarah (Ayat 285-286) adalah:

Diterima dari ibnu Mas'ud ra. bahwa nabi saw. bersabda:

"Barangsiapa yang membaca dua ayat yang terakhir dari surat Al-Baqarah dalam satu malam, itu sudah cukup baginya."(HR. Bukhari dan Muslim).

maksudnya adalah itu sudah cukup baginya sebagai ibadah, pada malam itu ada pula yang mengatakan bahwa kedua ayat itu akan cukup sebagai tameng buat menangkis mara bahaya di malam itu. ibnu Khuzaimah menulis dalam buku shahihnya : "Bab tentang sekurang-kurangnya bacaan yang dianggap memadai di waktu malam". kemudian disebutkan hadist di atas.

Surah Al Baqarah (Ayat 285-286)

Artinya:
"Rasul telah beriman kepada Al Qur'an yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka mengatakan): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorang pun (dengan yang lain) dari rasul rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat". (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat kembali". (Al Baqarah Ayat 285)

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdo`a): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir".(Al Baqarah Ayat 286)

Demikianlah yang bisa saya paparkan, masih banyak sekali kekurangannya, tetapi intinya kita terus mencari ilmu, dan terus meminta hidayah kepada Allah agar kita bisa melakukan, dapat istiqomah dalam menjalankan ibadah kepada Allah. Wallahu A’lam..

Artikel ini diposting oleh Johan As Salafy. Hanya untuk kepentingan DAKWAH dan NON KOMERSIAL, Anda bebas memakai dan menyebarkan sebagian atau seluruh isi artikel ini dengan mencantumkan nama URL/link asli artikelnya.

Ingin artikel Blog Ini Di kirim langsung ke Email anda?
Buruan berlangganan..
Caranya :
1. Masukkan Alamat E-mail Kamu
2. Klik Tombol Berlangganan
3. Buka E-mail Kamu dan Konfirmasi

Ditulis Oleh : Johan As Salafy Hari: Rabu, November 28, 2012 Kategori:

1 komentar: