Header Ads

Bisakah membaca Sepertiga Al Qur’an Dalam satu malam?

Bisakah membaca Sepertiga Al Qur’an Dalam satu malam? - Apabila ada pertanyaan seperti itu, mungkin kebanyakan kaum muslimin menjawab langsung tanpa berpikir panjang dengan jawaban TIDAK!!. Kenapa..? karena memang sepertiga dari alqur'an begitu banyak.

Dan kebiasaan kaum muslimin di jaman ini adalah lebih suka membaca koran dari pada membaca Al Qur'an. Baca satu ayat Al qur'an saja malas apalagi sepertiga Al Qur'an. Tapi apabila memang kita menginginkan mendapat pahala seperti membaca sepertiga dari Al qur'an, ada beberapa riwayat salah satunya:

Dari Abu Said ra. bahwa nabi saw. bersabda:

"Apakah kamu tidak sanggup membaca sepertiga Qur'an dalam satu malam ?" Rupanya hal itu memang terasa berat bagi mereka, maka jawab mereka : "Siapa pula yang akan sanggup melakukan itu di antara kami ya Rasullulah !". maka sabda nabi : "Allahul wahidush shamad"- maksudnya ialah surat Al ikhlas adalah sepertiga dari Alquran" (HR Bukhari, Muslim dan An Nasa'i)

Maka dari itu, kata para 'Ulama, apabila kita ingin mendapatkan pahala seperti sepertiga dari Al qur'an, beristiqomahlah membaca Surat Al Ikhlas. Akan tetapi yang perlu di garis bawahi, jangan kita mencukupkan dengan membaca Al Ikhlas saja, tetapi tetap yang inti adalah membaca Al Qur'an setiap hari. Tetapi, kita juga tidak boleh menolak hadist shohih di atas, karena barang siapa menolak hadist shohih, maka bukan termasuk golongan Ahlussunnah Wal jama'ah. Wallahu A'lam..

Demikianlah yang bisa saya paparkan, masih banyak sekali kekurangannya, tetapi intinya kita terus mencari ilmu, dan terus meminta hidayah kepada Allah agar kita bisa melakukan, dapat istiqomah dalam menjalankan ibadah kepada Allah. Wallahu A’lam..

No comments

Powered by Blogger.