Header Ads

Do’a Agar Diberi Ilmu Yang Bermanfaat

Do’a Agar Diberi Ilmu Yang Bermanfaat - Ada 3 sebab, yang disebutkan dalam suatu hadist Shahih yang menjadikan pahala kita tetap mengalir apabila kita telah meninggal. Ilmu yang bermanfaat, Anak Sholeh yang selalu mendo’akan dan sodakoh atau amal jariyah kita.

Yang akan kita bahas di sini adalah Ilmu yang bermanfaat. Kata para ‘Ulama beribadah tanpa ilmu adalah senda gurau ( tidak ada manfaatnya ). Karena tanpa ilmu ibadah kita sama saja main-main, dan contoh yang paling menonjol saat ini adalah para pelaku bom bunuh diri yang mengatas namakan jihad. Mereka nomer satu dalam semangat berjihad namun bodoh dalm hal ilmu. Semangat bagus tapi tanpa di dasari ilmu yang bermanfaat, tidak akan berguna. Namun ada yang bertanya, apakah ilmu dunia juga di sebut ilmu yang bermanfaat..?

Jawabannya :
Setiap Ilmu, yang di cari dengan jalan yang baik, baik ilmu dunia atau ilmu agama, dan di amalkan untuk kebaikan maka disebut ilmu yang bermanfaat. Contohnya kita bersekolah kemudian kita bekerja dengan berbisnis, kita mendapatkan hasil/ untung berupa uang dari berdagang, dan dengan untung itu kita sisihkan sedikit untuk sodakoh ke masjid atau ke fakir miskin atau ke anak yatim maka akan bemanfaat ilmu kita pada waktu bersekolah.

Jadi intinya baik itu ilmu dunia atau ilmu agama jika kita gunakan di jalan Allah, maka insya Allah akan di hitung sebagai ilmu yang bermanfaat. Untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat, kita harus terus memohon, berdo’a kepada Allah agar bisa di beri ilmu yang bermanfaat. Salah satu Do’anya adalah:

" Allohomma innanasaluka ‘ilman nafi’aa, warisQon toyyibaa, Wa’amalan mutaqobbalaa " (Al Hadist)

Artinya: "Ya Allah pemilik hati, tetapkanlah hati kami ini (Di dalam Agamamu)". (Al Hadist)


Berdo'alah dengan do'a tersebut di atas di Waktu-waktu yang mustajab untuk berdo’a
Demikianlah yang bisa saya paparkan, masih banyak sekali kekurangannya, tetapi intinya kita terus mencari ilmu, dan terus meminta hidayah kepada Allah agar kita bisa melakukan, dapat istiqomah dalam menjalankan ibadah kepada Allah. Wallahu A’lam..

No comments

Powered by Blogger.