Header Ads

2 Orang Yang Paling Banyak Di Shalati Ketika Wafat

2 Orang Yang Paling Banyak Di Shalati Ketika Wafat - Cukuplah kematian sebagai peringatan - itulah yang sering di sampaikan oleh para 'ulama kepada kita, peringatan bagi yang masih hidup bukan bagi yang mati. Kematian bisa datang kapan saja. Tidak kaya, miskin, gagah, jelek, laki-laki atau perempuan, baik tua ataupun muda pasti akan mengalami kematian.

Oleh karena itu, perbanyaklah kita mengingat kematian, agar dengan mengingat kematian kita akan selalu berbuat baik.

Rasulullah saw, bersabda:
"Perbanyaklah olehmu mengingat pemutus kesenangan -maksudnya maut-"
[HR.Thabrani dengan isnad yang hasan]

Menurut ahli sejarah, 2 Orang Yang Paling Banyak Di Shalati Ketika Wafat dan belum pernah terjadi jenazah yang dishalatkan serta dihormati oleh orang sebanyak itu melainkan:

1. Syeikhul Islam Ibnu Taimiyah
Jenazah beliau dishalatkan di masjid Jami’Bani Umayah sesudah shalat Zhuhur. Semua penduduk Dimasyq (yang mampu) hadir untuk menshalatkan jenazahnya, termasuk para Umara’, Ulama, tentara dan sebagainya, hingga kota Dimasyq menjadi libur total hari itu. Bahkan semua penduduk Dimasyq (Damaskus) tua, muda, laki, perempuan, anak-anak keluar untuk menghormati kepergian beliau. Seorang saksi mata pernah berkata: “Menurut yang aku ketahui tidak ada seorang pun yang ketinggalan, kecuali tiga orang musuh utamanya. Ketiga orang ini pergi menyembunyikan diri karena takut dikeroyok masa.

2. Imam Ahmad bin Hanbal

Rasulullah saw, bersabda:
"Tidak seorang mukmin pun yang meninggal, kemudian di shalatkan oleh umat islam yang banyaknya sampai 3 shaf, kecuali akan di ampuni dosanya."- oleh sebab itu malik bin hubairah selalu berusaha membentuk tiga shaf, jika jumlah orang yang shalat jenazah itu tidak banyak.

[Diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Daud, Ibnu Majah juga oleh Turmudzi yang menyatakan hasan, serta oleh hakim yang menyatakannya shahih]

Semoga Allah merahmati Mereka, tokoh Salaf, da’i, mujahidd, pembasmi bid’ah dan pemusnah musuh. Wallahu a’lam.

1 comment:

  1. luar biasa, semoga mereka di masukkan ke dalam jannah Allah swt..amiin

    ReplyDelete

Powered by Blogger.