Header Ads

Do’a ketika Mengenakan Pakaian Baru

Do’a Ketika Mengenakan Pakaian Baru - Alangkah bahagianya apabila kita membeli pakaian baru atau di beri hadiah pakaian baru. Langsung saja kita cobain, tidak mikir apapun langsung di coba. Sebenarnya kalau kita mencontoh nabi Muhammad SAW dan para sahabat yang mulia, mereka begitu hati-hati dalam segala hal, termasuk memakai pakaian baru. Hati-hati bagaimana?
Beliau nabi SAW dan para sahabat beliau yang mulia selalu mengedepankan Allah terlebih dahulu dalam berbuat sesuatu. Beliau selalu berdo’a agar segala sesuatu yang dikerjakan mempunyai berkah (Bertambah Kebaikan) dan di Ridhoi Allah SWT. Dan dari beliau lewat para ‘ulama periwayat hadist, beliau mengajarkan Do’a Ketika Mengenakan Pakaian Baru. Do’a nya sbb:

اَللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ أَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ، أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ.
“Ya Allah, hanya milikMu segala puji, Engkaulah yang memberi pakaian ini kepadaku. Aku mohon kepadaMu untuk memperoleh kebaikannya dan kebaikan yang ia diciptakan karenanya. Aku berlindung kepadaMu dari kejahatannya dan kejahatan yang ia diciptakan karenanya” (HR. Abu Dawud, At-Tirmidzi, Al-Baghawi dan lihat Mukhtashar Syamaailit Tirmidzi, oleh Al-Albani, halaman 47.)

Atau

DOA BAGI ORANG YANG MENGENAKAN PAKAIAN BARU
تُبْلِي وَيُخْلِفُ اللهُ تَعَال.
“Kenakanlah sampai lusuh, semoga Allah Ta’ala memberikan gantinya ke-padamu”. [16]
اِلْبِسْ جَدِيْدًا، وَعِشْ حَمِيْدًا، وَمُتْ شَهِيْدًا. “Berpakaianlah yang baru, hiduplah dengan terpuji dan matilah dalam kea-daan syahid”. [17]

[16] HR. Abu Daud 4/41 dan lihat pula Shahih Abi Dawud, 2/760.
[17] HR. Ibnu Majah 2/1178, Al-Baghawi 12/41 dan lihat Shahih Ibnu Majah 2/275.

Itulah beberapa Doa yang diriwayatkan oleh para ‘ulama yang terpercaya di bidang hadist. Semoga bermanfaat bagi kita semua..Wallohu a’lam.

No comments

Powered by Blogger.