Header Ads

Do'a Agar Diberikan Akhlak Yang Baik

Do'a Agar Diberikan Akhlak Yang Baik - Sebagai seorang muslim akhlak adalah hal yang sangat utama. Terkadang kita menemui orang yang secara keilmuan bisa dikatakan mumpuni tetapi secara akhlak terkadang kurang baik. Ilmu tidak akan sempurna tanpa amal dan akhlak yang baik. Seorang muslim senantiasa dianjurkan untuk memiliki akhlak yang baik dan menjauhi akhlak yang buruk

Contoh Akhlak yang Baik :
Diantara beberapa akhlak terpuji yang seharusnya dimiliki oleh seorang muslim adalah kesopanan, sabar, jujur, derwaman, rendah hati, tutur kata yang lembut dan santun, gigih, rela berkorban, adil, bijaksana,tawakal dan lain sebagainya. Seseorang yang mmeiliki akhlak terpuji biasanya akan selalu menjaga sikap dan tutur katanya kepada orang lain dan merasa bahwa dirinya diawasi oleh Allah.

Contoh Akhlak yang Buruk :
Akhlak tercela adalah akhlak yang harus dijauhi oleh muslim karena dapat mendatangkan mudharat baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Contoh akhlak tercela diantaranya adalah dusta (baca bahaya berbohong dan hukumnya dalam islam), iri, dengki, ujub, fitnah, sombong, bakhil, tamak, takabur, hasad, aniaya, ghibah, riya dan sebagainya. Akhlak yang tercela sangat dibenci oleh Allah dan tidak jarang orang yang memilikinya juga tidak disukai oleh masyarakat. 

Ada salah satu do'a yang diajarkan oleh Rasulullah Sholallohu 'Alaihi Wassalam agar supaya Alloh memperbaiki Akhlaknya. Doanya sebagai berikut:

Allohumma Ahsanta Kholqii Fa Akhsin Khuluqii

Artinya : Ya Alloh sebagaimana engkau telah menciptakanku dengan baik, maka perbaikilah akhlak ku (HR. Ahmad di shahihkan oleh syekh albani. )

Kapan doa ini dibaca ? Do'a ini adalah salah satu do'a yang dibaca ketika kita bercermin. Seandainya di baca ketika kita memanjatkan doa di waktu-waktu mustajab juga diperbolehkan.

No comments

Powered by Blogger.