Doa Menyambut Ramadhan

Doa Menyambut Ramadhan - Soal: Adakah doa-doa khusus dari Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam (yang dibaca) ketika masuk bulan Ramadhan yang penuh berkah? Doa apakah yang wajib di baca oleh seorang muslim pada malam pertama bulan ramadhan? Berilah kami jawaban, semoga Allah memberkati anda.

Dijawab Oleh Asy-Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan:
Saya tidak mengetahui adanya doa khusus yang dibaca ketika masuk bulan ramadhan. Yang ada hanyalah doa umum untuk seluruh bulan.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jika melihat hilal (bulan sabit tanggal satu), baik hilal Ramadhan ataupun bulan-bulan yang lain, beliau berdoa:

“Ya Allah, terbitkanlah (dan tampakkanlah) hilal kepada kami (diiringi) dengan keberkahan dan keimanan serta keselamatan dan keislaman, (jadikanlah dia) sebagai hilal kebaikan dan petunjuk, Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.” (HR. At-Tarmidzi (9/142), Imam Ahmad (1/162), Ad-Darimi (2/7) dan lain-lain, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani rahimahullah dalam Shahih Al-Wabilush Shayyib, hal. 220)

“Allah Maha Besar, Ya Allah, terbitkanlah (dan tampakkanlah) hilal itu kepada kami (diiringi) dengan keamanan dan keimanan serta keselamatan dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.”

Doa ini dibaca ketika melihat hilal di bulan Ramadhan atau bulan-bulan lainnya.

Adapun kekhususan membaca doa-doa tertentu ketika masuk bulan Ramadhan, saya tidak mengetahui adanya yang seperti itu. Akan tetapi kalau seorang muslim berdoa kepada Allah agar membantunya menjalankan puasa di bulan itu dan menerima puasanya, maka tidaklah mengapa. Hanya saja, dia tidak boleh menentukan (doa-doa tertentu sebagai) doa-doa khusus (untuk bulan Ramadhan). Wallahu a’lam.

Maroji’ : Al-Muntaqo min Fatawa Asy-Syaikh Shalih Al-Fauzan (4/92).

Sumber : BULETIN DAKWAH AT-TASHFIYYAH, Surabaya Edisi : 20.

Artikel ini diposting oleh Johan As Salafy. Hanya untuk kepentingan DAKWAH dan NON KOMERSIAL, Anda bebas memakai dan menyebarkan sebagian atau seluruh isi artikel ini dengan mencantumkan nama URL/link asli artikelnya.

Ingin artikel Blog Ini Di kirim langsung ke Email anda?
Buruan berlangganan..
Caranya :
1. Masukkan Alamat E-mail Kamu
2. Klik Tombol Berlangganan
3. Buka E-mail Kamu dan Konfirmasi

Ditulis Oleh : Johan As Salafy Hari: Jumat, Juni 07, 2013 Kategori:

2 komentar: