Di Balik Kesulitan Pasti Ada Kemudahan -->

Header Menu

Di Balik Kesulitan Pasti Ada Kemudahan

Hamba Alloh
22 November 2012

Di Balik Kesulitan Pasti Ada Kemudahan - Banyak cobaan menerpa kita di dalam kehidupan di dunia ini. Seakan - akan kesulitan-kesulitan yang kita hadapi tidak ada habisnya. Habis terkena satu kesulitan, datang kesulitan baru.

Rasa Syukur seakan - akan hilang begitu saja dari hati kita, dan rasa sabar juga seperti hilang dari batin kita. Cobaan berupa kesulitan pasti kita alami, tapi jangan sampai kita melupakan kenikmatan-kenikmatan yang sudah allah berikan kepada kita.

Allah berfirman :
"..Allah tidak akan membebankan sesuatu di luar kemampuan seseorang..."(Qs Al baqoroh : 286) Ini harus menjadi landasan pokok kita, bahwa kesulitan, kesukaran yang sedang kita hadapi, pasti ada jalan keluarnya dari Allah.

Dan di balik kesulitan ini, Pasti ada kemudahan yang akan segera dan segera datang kepada kita.

فَإِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (QS. Alam Nasyroh: 5).

Ayat ini pun diulang setelah itu,

إِنَّ مَعَ الْعُسْرِ يُسْرًا

“Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (QS. Alam Nasyroh: 6).

Sahabat mulia, ‘Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu pernah berkata, “Seandainya kesulitan masuk ke dalam suatu lubang, maka kemudahan pun akan mengikutinya karena Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (Dikeluarkan oleh Ath Thobari, 24: 496)

2 ayat dari surah Al Insyirah / Alam Nasyroh di atas adalah jawaban bagi orang-orang yang terus bersabar di dalam menghadapi kesulitan dan kesukaran. Dan satu kesulitan akan di balas oleh Allah dengan dua kemudahan seperti ayat di atas. Intinya di dalam kesulitan kita terus berdo'a kepada Allah, meminta pertolongan dari-Nya.

Demikianlah yang bisa saya paparkan, masih banyak sekali kekurangannya, tetapi intinya kita terus mencari ilmu, dan terus meminta hidayah kepada Allah agar kita bisa melakukan, dapat istiqomah dalam menjalankan ibadah kepada Allah. Wallahu A’lam..